Hukum Maxwell

Siapapun yang berurusan dengan yang namanya medan elektromagnetik pasti mengenal apa itu hukum maxwell. Hukum Maxwell ini sebernarnya merupakan gabungan dari 4 buah hukum, yaitu:

\oint_{s}^{ } \varepsilon _{o}\vec{E}\cdot d\vec{s}=Q

Ini namanya hukum Gauss, yang terjemahannya “Jumlah fluks listrik yang menembus tegak lurus suatu permukaan tertutup sama dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi permukaan tersebut.”

Yang kedua adalah hukum Gauss juga, tapi untuk medan magnet.

\oint_{s}^{ } \vec{B}\cdot d\vec{s}=0

Artinya, garis-garis fluks magnet merupakan lintasan tertutup. Dengan kata lain, tidak ada muatan magnetik.

Yang ketiga hukum Faraday, yang rumusnya:

\oint_{c}^{ } \vec{E}\cdot d\vec{l}=-\cfrac{\mathrm{d} }{\mathrm{d} t}\int_{s}^{ }\vec{B}\cdot d\vec{s}

Makin banyak aja integralnya,, tapi intinya dia cuma mau bilang kalo medan magnet yang berubah terhadap waktu dapat menghasilkan medan listrik. Orang yang pekerjaannya di pembangkit listrik pastinya familiar dengan hukum ini.

Yang terakhir adalah hukum Ampere:

\oint_{c}^{ } \cfrac{\vec{B}}{\mu _{o}}\cdot d\vec{l}=\int_{s}^{ }\vec{J}\cdot d\vec{s} + \cfrac{\mathrm{d} }{\mathrm{d} t}\int_{s}^{ }\varepsilon _{o}\vec{E}\cdot d\vec{s}

Wah,, yang ini integralnya makin nambah lagi. Si Ampere ini sebenernya cuma mau bilang kalo arus dapat menimbulkan medan magnet. Tadinya, integralnya cuma ada 2,, tapi si Maxwell menambahkan satu lagi, yang bagian \int_{s}^{ }\varepsilon _{o}\vec{E}\cdot d\vec{s}, bagian ini namanya arus perpindahan.  Maksudnya,, medan listrik yang berubah terhadap waktu dapat menimbulkan medan magnet.

Kalo medan magnet dapat menimbulkan medan listrik,, trus medan listrik dapat menimbulkan medan magnet… wah,, berarti kedua medan ini dapat merambat ya? Ini yang namanya gelombang elektromagnetik. Nah,, di sinilah pentingnya arus perpindahan si Maxwell ini, jadinya dia bisa menggabungkan 4 hukum di atas. Selain itu, ditemukan juga fakta bahwa kecepatan gelombang elektromagnetik sama dengan kecepatan cahaya. Wah,, jadinya ilmu optik gabung juga ya ke hukum Maxwell ini….

Referensi : Buku Iskander, wikipedia

About these ads

6 responses to “Hukum Maxwell

  1. Wkwkwk… saya sudah lupa-lupa ingat mengenai Maxwellian~ :p

    Btw, seingat saya, beberapa penelitian menunjukkan kecepatan gelombang merambat (termasuk cahaya) itu bergantung dengan frekuensi yang dimiliki. Menurut saya kecepatan gelombang em tidak sama dengan kecepatan cahaya, karena kecepatan cahaya juga berbeda-beda.

    Tapi entah juga sih. Wkwkwkwkw… LOL

  2. Ping balik: Hukum Maxwell: Bentuk Differensial « Kumpulan Tulisan Seseorang yang Biasa-Biasa Saja …

  3. Ping balik: Fringing Effect: Menyebalkan, tapi … [Part 2] | Kumpulan Tulisan Seseorang yang Biasa-Biasa Saja ...

  4. sorry gan.. numpang tanya
    apa perbedaan medan istrik dan medan magnet berdasarkan hukum maxwell.. tolog dijelaskan secara rinci karena saya masih kurang paham :D

    • Kalau dilihat dari persamaan pertama dan terakhir, yang membedakan keduanya adalah sumbernya. Medan listrik dihasilkan oleh muatan listrik, sedangkan medan magnet dihasilkan oleh arus listrik alias muatan listrik yang bergerak (termasuk juga sumber magnet seperti magnet batang atau magnet buat tempelan lemari es, karena di dalamnya ada muatan yang bergerak-gerak). Nantinya, efek kedua medan ini akan berbeda: medan listrik akan mempengaruhi (menarik atau menolak) muatan listrik lainnya (seperti kalau kita menggosokkan penggaris ke rambut atau kain wol) dan medan magnet akan mempengaruhi magnet lainnya, seperti ilustrasi ini.

      Selain itu, ada lagi perbedaannya kalau meihat persamaan kedua, di mana bentuk garis gaya magnet harus selalu tertutup (ada kutub utara, pasti ada kutub selatan). Kalau medan listrik tidak harus.

      Semoga bermanfaat ya :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s