Kuesioner Online ITB

Salah satu kebiasaan ITB setiap akhir semester adalah adanya pengisian kuesioner untuk masing-masing mata kuliah. Biasanya, mahasiswa mengisi kuesioner yang menggunakan kertas, dengan cara menghitamkan bulatan-bulatan di kertas tersebut. Persis ujian zaman SMA/SMP dulu. Waktu pengisiannya terkadang pada saat kuliah terakhir, namun tidak jarang juga dilakukan pada saat ujian akhir semester (UAS). Pengisian saat UAS tentunya akan merugikan mahasiswa, karena waktu pengerjaan ujian akan berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini, ada dosen yang menyarankan agar mahasiswa datang 10 menit sebelum ujian dimulai. (*kuliah apa ya? Hehe :D*)

Akhir semester genap 2008/2009, terjadi perubahan pada sistem kuesioner ini. Apa itu? Kuesioner semseter ini diisi secara online di http://kuesioner.itb.ac.id, tidak lagi menggunakan kertas. Selain menghemat kertas, kuesioner online juga lebih praktis dalam pengisiannya. Kita tidak perlu menghitamkan bulatan-bulatan lagi, cukup dengan mengklik bulatan yang tersedia, kuesioner sudah terisi. Waktu pengisian pun akan lebih singkat. Jika semester-semester lalu tiap mata kuliah bisa memakan waktu 10 menit, semester ini dapat mencapai 15 menit. Kok lebih lama? Tidak juga, 15 menit untuk seluruh mata kuliah yang diambil pada semester ini. Selain itu, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi membuat kesan lebih “wah”.

Penampakan kuesionernya seperti ini (*dengan sedikit sensor, heheh*).

kuesioner-online

Ada yang aneh di gambar? Ada lho! Coba cari sampai ketemušŸ˜€ !

Pengumuman perubahan sistem kuesioner ini ditempel di tiap-tiap pintu kelas agar terbaca oleh mahasiswa. Kalau tidak diisi, konsekuensinya nilai mata kuliah tidak dapat dilihat secara online, begitu kira-kira bunyi pengumumannya. Meskipun demikian, ada beberapa mahasiswa yang mengisi kuesioner di akhir-akhir batas waktu pengisian. Mungkin karena mental deadliners? Atau mungkin juga banyak yang tidak tahu info ini. Yang pasti, waktu pengisian diundur dari 15 Mei, lalu ke 16 Mei, 17 Mei, dan kabar terakhir yang saya dengar diundur ke 1 Juni!! Memang tidak mudah untuk merubah sistem dalam waktu yang singkat.

Bagaimanapun juga, sistem kuesioner online ini, menurut saya, lebih baik dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

2 responses to “Kuesioner Online ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s