Text to Speech di Adobe Reader

Adobe Reader barangkali bukanlah sebuah software yang asing, terutama jika kita seringkali berurusan dengan berbagai dokumen yang memiliki format .*pdf. Namun, tahukah Anda,, ternyata di dalam software tersebut, terdapat suatu fitur yang dapat membacakan tulisan-tulisan pada dokumen pdf alias tool text to speech. Baru tahu? Sama,, saya juga. Coba klik View > Read Out Loud > Activate Read Out Loud.

1

Tidak terjadi apa-apa? Sabar,, tunggu dulu sebentar, kemudian lihat,, di pojok kanan bawah akan muncul gambar kira-kira seperti ini…

2

Setelah selesai, yang perlu Anda lakukan adalah meng-klik tulisan yang ingin dibacakan, misalkan klik saja pada kata “scattering” , lalu akan muncul kotak seperti ini :

3
Komputer akan membacakan seluruh tulisan dalam kotak tersebut, mulai dari kata “Selain” sampai “oleh”, dengan gaya bahasa Inggris tentunya. Sudah puas bermain-main dengan text to speech? Ingin kembali ke settingan yang biasanya? Tinggal klik View > Read Out Loud > Deactivate Read Out Loud.

4

Meskipun pengucapannya terdengar agak aneh untuk bahasa Indonesia, tool ini lumayan cerdas juga. Misalkan saya klik pada “km”.

5

Apakah si text to speech akan membacanya sebagai “k-m”? Ternyata tidak juga, dia akan membacanya sebagai “kilometer”. Hal yang sama juga terjadi pada singkatan seperti kHz (kilohertz), pp. (page), dan vol. (volume). Barangkali ada yang tertarik mempelajari algoritmanya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s