Kesalahan Fatal …

Begini ceritanya. Saat detik-detik terakhir menjelang UAS, ternyata ada sebuah praktikum yang baru saja mulai. Praktikum ini berkaitan dengan sistem mikrokontroller. Sang Dosen memberikan PR untuk dikumpulkan sebelum praktikum. Intinya, mahasiswa harus mencoba untuk mengkompile file bahasa asembly yang ada di modul praktikum sehingga terbentuk file berekstensi *.HEX. Mengubah bahasa assembly ke bahasa mesin yang dimengerti komputer gitu …

Masalahnya,, kebanyakan mahasiswa belum pernah memprogram mikrokontroler. Akhirnya, sang ketua kelas berinisiatif untuk menuliskan langkah-langkah untuk mengerjakan PR di papan tulis, setelah sebelumnya bertanya ke dosen yang bersangkutan. Pertama, kode bahasa assembly ditulis di notepad dan disimpan dalam format *.LST, lalu kemudian dikompile dengan compiler ASM51.EXE. Caranya, file *.LST harus disimpan di direktori yang sama dengan ASM51.EXE. Setelah itu, cukup ketik REG<spasi> ASM51 nama_file.LST di direktori yang bersangkutan pada command prompt.

Namun, apa yang terjadi??? Keluar tulisan “First Pass”, kemudian muncul tulisan “Second Pass”. Wah,, nampaknya sampai sini tidak ada masalah. Namun,, ternyata setelah ditunggu sekian menit, tidak ada perubahan. Mungkin lagi nge-hang kali ya? Ya sudah, dicoba jurus sakti Ctrl+Alt+Del,, dan ternyata tidak mempan. Yahh,, mau nggak mau,, harus restart komputer. Akhirnya komputer mati dan pekerjaan dimulai kembali.

File *.LST dicek kembali dengan notepad untuk melihat kira-kira salahnya dimana. Namun, tidak disangka-sangka, notepad mengeluarkan pemberitahuan : notepad tidak dapat membuka file karena ukurannya terlalu besar!!!! Waduhh,, emang sebesar apa sih, padahal isinya nggak lebih dari 50 baris? Dan ternyata setelah dicek,, ukuran file *.LST menjadi ….. 1,7GB!!!!!! Memecahkan rekor file terbesar yang pernah saya buat! Daripada menimbulkan masalah baru, mending saya hapus saja file raksasa itu. Gak percaya?? Liat aja gambar….

Bahkan teman saya ada yang sampai 3 GB ukurannya!!

Setelah diteliti selama bertahun-tahun, akhirnya dapat disimpulkan bahwa file yang seharusnya dicompile berformat *.ASM, bukan *.LST. Hahahahah,, kesalahan yang cukup fatal ini..

One response to “Kesalahan Fatal …

  1. Ping balik: Simulasi Mikrokontroler 8051 dengan AVSIM51 « Kumpulan Tulisan Seseorang yang Biasa-Biasa Saja …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s