Simulasi Mikrokontroler 8051 dengan AVSIM51

Sebenernya kelanjutan dari tulisan ini sih..

Setelah mendapatkan fil *.HEX dengan bantuan ASM51, sebaiknya perlu dilakukan simulasi terlebih dahulu untuk mengecek apakah program yang dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Untuk keperluan ini, sang dosen menyuruh kami untuk menggunakan program AVSIM51 sebagai simulator. Cukup men-double click AVSIM51.exe dan akan keluar tampilan seperti ini.

Berhubung kami menggunakan 8051, ketik saja huruf A dan simulasi dapat dilakukan. Namun,, ternyata tidak semudah itu,, sebab tampilan selanjutnya seperti ini *jangan kaget ya..*.

Wow,, apa-apaan tuh? Keliatannya cukup rumit… Pertanyaan yang langsung muncul adalah: Gimana cara memakainya?? Setelah dipelajari, diutak-atik, dan nanya sana-sini, ternyata cara simulasinya adalah seperti ini.

1. Ketik huruf  “l” *tanpa tanda petik* untuk me-load file.

2. Selanjutnya ketik huruf a, untuk me-load avocet *avocet itu apa ya? hahaha,, yang penting pake aja dulu*

3. Selanjutnya, AVSIM51 memerintahkan untuk mengetikkan nama file, ketik nama file (*.HEX) yang mau disimulasikan, misalkan 11A.HEX. Setelah di-enter, ada perubahan di kolom “Label” dan “Operation”, lihat di bagian kiri atas.

4. Lho,, trus hasil simulasi bisa dilihat dimana? Ternyata, memang simulasi belum dijalankan, untuk itu perlu tekan tombol F1 di bagian kiri atas keyboard Anda. Yup,, setelah itu ada perubahan.

Bagaimana cara melihat hasil simulasinya? Sebelum melihatnya, ada baiknya mengkaji source code program yang di-load ke simulator, dalam hal ini program 11A. Programnya cukup sederhana kok.

Intinya, program ini mengeset agar port 1 (P1) mengeluarkan output 11110101. Apakah simulasi menunjukkan hasil yang sama? Mari kita lihat.

Lihat kotak merah,, P1 sudah bernilai 11110101, seperti yang seharusnya. Horee,, simulasinya berhasil…. Tapi masih ada pertanyaan yang mengganjal: program ini kan menggunakan P1 sebagai output,, kalo P1 digunakan sebagai input gimana cara simulasinya ya? Ada yang bisa? Btw,, kalo mo mensimulasikan file lain, jangan lupa di-reset (ketik r kemudian ketik c), kalo nggak di-reset kadang-kadang hasilnya suka ngaco. Untuk keluar dari AVSIM51, cukup ketik q, lalu ketik e…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s