Awal-awal Perkembangan Teknologi Seluler

Iseng-iseng posting sebagian isi laporan tentang GSM yang pernah saya buat, barangkali bermanfaat.

—-

Komunikasi seluler merupakan salah satu teknologi yang dipergunakan secara luas dewasa ini. Komunikasi seluler ini berkembang dari teknologi telepon radio yang biasa dipergunakan dalam berbagai kendaraan, seperti taksi, mobil polisi, dan ambulans. Telepon radio sendiri diperkenalkan pada tahun 1946 di Missouri, Amerika Serikat. Telepon radio ini menggunakan gelombang radio, seperti radio pada umumnya.

Setahun kemudian, teknologi telepon seluler mulai diusulkan oleh insinyur-insinyur di Laboratorium Bell dengan menggunakan konsep sel-sel heksagonal. Menara seluler diusulkan untuk diletakkan pada bagian sudut sel heksagonal sehingga dapat memancar ke 3 arah pada masing-masing sel yang bersebalahan. Meskipun demikian, teknologi ini tidak terlalu berkembang.

Telepon seluler otomatis komersial pertama dikembangkan oleh Ericsson, yaitu Mobile Telephone System A (MTA) pada tahun 1956. Sistem ini tidak memerlukan kontrol manual, namum memiliki kekurangan yang terletak pada berat telepon, sekitar 40 kg *wow,, kebayang nggak betapa beratnya HP zaman dulu*. Pada tahun 1958, Leonid Kupriyanovich, seorang insinyur radio Uni Sovyet, membangun suatu percobaan yang menghasilkan telepon seluler dengan derat 0,5 kg. Meskipun telepon seluler komersial dikembangkan sejak tahun 1950-an, namun telepon seluler yang sukses pengembangannya baru terjadi pada tahun 1971 di Finlandia, yaitu jaringan Autoradiopuhelin (ARP).

Di Indonesia sendiri, teknologi telepon seluler diperkenalkan pada tahun 1984 dengan teknologi Nordic Mobile Telephone (NMT). Pada era itu, telepon seluler masih berukuran besar, dengan berat kira-kira 0,5 kg. Pada tahun 1993, teknologi Global System for Mobile (GSM) mulai berkembang di Indonesia setelah distandarkan di Eropa pada tahun 1989 dan diluncurkan pada tahun 1992. Tahun selanjutnya, operator GSM pertama di Indonesia, PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) mengawali kegiatan bisnisnya di daerah Jakarta. Telepon seluler sudah mulai berukuran kecil dan harganya lebih terjangkau.

Pada tahun 1997, GSM menguasai hampir 30% pasar telekomunikasi wireless. Jumlah pelanggan GSM mencapai lebih dari 66 juta pada akhir tahun 1997, dengan 256 operator di 110 negara. *apalagi sekarang*

Referensi utama : wikipedia

3 responses to “Awal-awal Perkembangan Teknologi Seluler

  1. Ping balik: Sekilas Tentang Sistem Komunikasi Seluler « Kumpulan Tulisan Seseorang yang Biasa-Biasa Saja …

  2. Ping balik: Sel dalam Sistem Komunikasi Selular | Cornelius

  3. Ping balik: Wisnu Adi Wicaksono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s