Gambar vs Kata-kata

Sebuah Gambar Lebih Berharga dari Ribuan Kata-kata

Sering mendengar ungkapan di atas? Atau dalam kalimat lainnya “Sebuah Gambar mewakili ribuan kata-kata”?  Berdasarkan yang konsep yang saya pelajari di kuliah Teori Informasi,, ternyata memang benar seperti itu.

Yang membuat gambar lebih berharga dari kata-kata adalah kandungan informasi yang ada di dalamnya. Kandungan informasi ini berkaitan erat dengan peluang terjadinya sebuah event, seperti pada postingan sebelumnya. Lalu, bagaimana cara mengukur kandungan informasi?

Dalam teori informasi, sumber informasi dapat dimodelkan dengan pasangan antara simbol *contohnya kalo di bahasa Indonesia itu huruf a, b, c, dan sebagainya* dan peluang munculnya simbol tersebut. Shannon *ini orang terkenal lho di bidang telekomunikasi* mensyaratkan besaran yang meyatakan informasi (lambangnya I(p), dengan p peluang munculnya sebuah simbol) harus bernilai > 0, fungsi kontinyu, dan event-event yang saling bebas sifatnya aditif (I(p1p2) = I(p1) + I(p2)).  Fungsi yang memenuhi syarat seperti ini adalah fungsi logaritma, jadi I(p) dapat dinyatakan dengan:

I(p) = C lg (1/p)

dengan C konstanta positif dan lg adalah logaritma basis 2. Satuan I(p) adalah bits yang merupakan kepanjangan dari binary units (beda sama bit yang binary digits loh ya).

Mari kita kembali ke gambar vs kata-kata. Ceritanya ada gambar dengan resolusi 1024 piksel x 768 piksel. Kalau satu piksel punya 256 kemungkinan warna, berarti kita mempunyai 2561024 x 768 kemungkinan atau 28 x 1024 x 768. Andaikan peluang munculnya warna sama, maka p bernilai 2-8 x 1024 x 768 sehingga I(p) bernilai 8 x 1024 x 768 = 6 jutaan bits *asumsi C = 1*.

Bagaimana dengan kata-kata? Misalkan kamus seseorang terdiri atas 10000 kata. Kalau dia megeluarkan kata-kata sebanyak 1000 buah, asumsi peluang munculnya setiap kata sama, maka p akan bernilai 10000-1000 atau I(p) akan bernilai sekitar belasan ribu bits. Hal ini tnetunya lebih kecil dari I(p) sebuah gambar.

Jadi, terbukti bahwa sebuah gambar lebih berharga dari ribuah kata-kata. :p

From : slide kuliah teori informasi …

2 responses to “Gambar vs Kata-kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s