Ternyata Budaya Instan Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu …

Budaya instan, salah satu budaya yang kurang baik di masyarakat Indonesia. Pingin cepat-cepat mendapatkan hasil. Suka masak mie instan? 10 menit saja sudah siap saji. Itu belum seberapa. Yang lebih parah, budaya instan ini sudah merambah ke dunia pendidikan. Perhatikan saja, hampir tiap tahun ada kebocoran jawaban ujian nasional. Contoh lainnya : nyontek, copy paste laporan, titip absen, dan masih banyak lagi ….

Btw, kebetulan tadi siang ada kuliah kapsel, sang pembicara mengatakan bahwa budaya instan ini ternyata sudah lama di Indonesia. Nggak percaya? Mari kita lihat.

  1. Pernah dengar kisah Loro Jonggrang? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1000 candi? Yap,, cuma 1 malem. Cepet ya?
  2. Masih di Pulau Jawa,, tepatnya di daerah Jawa Barat. Salah satu cerita rakyat yang terkenal adalah legenda Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahunya. Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dalam 1 malam *sama seperti kasus Loro Jonggrang ya?*
  3. Kita beralih ke Sumatera Barat. Tentu pernah dengar kisah Malin Kundang kan,, si anak yang durhaka kepada ibunya. Malin Kundang menjadi waktu dalam ….? Hayo,, apa jawabannya? Jawabannya adalah 1 kutukan saja …

Hahaha,, iya juga ya,, budaya instan mengakar di Indonesia …😀

-Hanya sebuah intermezzo di tengah badai TA-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s