Studi Kasus

Lagi-lagi tentang facebook. Ada sebuah ceritera, tentang seorang anak manusia yang mendapatkan teror melalui facebook. Bagaimana cara kita mengetahui identitas sang peneror?

Hmm,, gimana ya? Yang paling mudah kalau sang peneror lalai menyembunyikan identitas pribadinya di facebook, langsung ketahuan deh :p. Atau bisa saja kita meng-add teman-teman beliau itu, trus tanyain deh,, ini orang sebenernya siapa? Mungkin dengan sedikit sentuhan social engineering cara ini dapat berhasil.

Akan lain halnya kalau sang peneror ini memang benar-benar berniat jahat. Informasi pribadi disembunyikan, atau malah informasi palsu. Teman pun tak punya, kecuali kita seorang saja sebagai korban teror. Tapi jangan putus asa dulu. Pernah denger peribahasa “Tak ada gading yang tak retak”? Meskipun penjahat ini berusaha untuk menyembunyikan informasi pribadinya, kemungkinan besar ada celah kelalaian. Misalnya saja dari nama akun facebook atau email orang itu. Barangkali mencerminkan suatu hal yang berkaitan dengan dunia orang itu. Coba aja cari di mbah google,, barangkali ada akun lain yang berkaitan. Kaitkan juga dengan keseharian kita. Kalo ada dan kira-kira banyak korelasinya dengan akun facebook tersebut, berarti akan lebih mudah untuk mencari identitas orang tersebut.

Cara lain lagi adalah memancing orang tersebut ke web atau blog kepunyaan kita. Kita pancing untuk memberi komentar, sehingga IP addressnya dapat diketahui. IP address tahu,, dengan bantuan nslookup atau whois,, kita juga bisa tahu lokasinya. Digabungkan dengan infromasi waktu online yang ada di facebook atau di web kita tersebut, kita bisa menyimpulkan dia biasa sering online di mana jam berapa. Kalau dia sering online di tempat umum *macem kampus, restoran, dll* pake koneksi wireless pula,, akan lebih mudah menyadap paket-paket yang keluar masuk komputer sang penjahat ini *dengan bantuan software semacam Wireshark*, sehingga identitasnya akan terbongkar.

Kalo cara-cara ini tidak berhasil juga, silakan tanya ke pakar IT terdekat😀

Trus ada kasus lain lagi. Misalkan kita pingin tahu siapa pemilik grup di facebook, tapi kita tidak perlu join grup tersebut. Hayo,, gimana caranya? Sama seperti kasus sebelumnya, yang paling mudah adalah jika pemilik grup tidak menyembunyikan informasinya. Biasanya sih begitu yang saya liat,, sekali masuk ke suatu grup,, siapa saja pemilik dan adminnya bisa langsung tau… Selain itu, bisa juga pakai teknik social engineering,, hubungi aja siapa-siapa yang menjadi member di grup tersebut. Ada kemungkinan mereka-mereka itu dekat dengan pemilik grupnya,, atau jangan-jangan malah pemilik grup itu sendiri😀. Hehehe…

Kalo menurut Anda bagaimana? Ada yang pernah mengalami?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s