Akses Internet Termasuk HAM??

Ada pernyataan dosen yang cukup menarik dari kuliah pertama di hari ini. Katanya, di Perancis, akses internet termasuk HAM. Demikian juga di beberapa negara lain. Indonesia juga bisa seperti itu, buat undang-undang yang seperti ini : setiap orang berhak atas akses internet 2 Mbps….

Eits,, tunggu dulu. Di negara lain, 99% dari waktu terhubung ke internet, sementara di Indonesia cuma 5% saja…

Sedih ya? Iya sih. Tapi yang menarik ternyata memang benar lho, Perancis telah menjadikan akses internet sebagai bagian dari HAM. Nih beritanya ada di sini. Dan di tahun 2010, Finlandia juga melakukan hal serupa: penyedia jasa internet diwajibkan memberikan layanan akses internet 1 Mbps untuk seluruh penduduk (berita di sini). Wow!

Asyik ya, kalau setiap orang mendapatkan akses internet, apalagi kalau koneksinya cepat. Download atau upload file tidak memerlukan waktu yang lama. Nggak perlu marah-marah juga karena internetnya “lemot”. Buka email cepat, posting blog lancar😀

Pertanyaan yang muncul adalah, memangnya sudah sepenting itukah internet sehingga dapat dimasukkan ke HAM? Nanti kalau tidak menyelenggarakan layanan internet yang sesuai bisa-bisa malah dituduh melanggar HAM…😆 Jangan-jangan di masa yang akan datang banyak teknologi yang dimasukkan ke dalam HAM karena fungsinya yang sangat penting bagi umat manusia. Mungkinkah?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s