Ketika IP tidak lagi rahasia

Tidak sengaja saya melihat status beberapa teman di facebook. Katanya, kita bisa melihat IP (indeks prestasi, bukan internet protocol loh ya :D) mahasiswa seluruh indonesia di sebuah website milik pemerintah *rahasia ya :p*. Karena penasaran, saya cek link-nya, dan ternyata benar. Cukup mengetikkan nama seseorang yang akan kita cari IP-nya + nama universitasnya, keluarlah data hasil studi dari semester pertama hingga terbaru. Bahkan, nama yang dimasukkan juga tidak perlu nama lengkap, cukup nama depan atau belakang saja juga bisa.

Wah wah wah … Bagi sebagian orang, informasi IP merupakan informasi yang sensitif. Terkadang orang enggan untuk menginformasikan alamat, tanggal lahir, nomor HP, dan sebagainya di internet. Apalagi IP! Dan website tersebut telah membuka segalanya …😦

Mungkin ada kalanya pihak-pihak yang berkepentingan memerlukan informasi ini. Tapi ada baiknya pencarian informasi lebih dipersulit lagi, jangan terlalu mudah seperti ini. Memakai NIM atau nomor registrasi misalnya, atau apapun itu yang penting informasi ini hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Tidak sembarang orang bisa mengakses. Yah,,, kita hanya bisa berharap sistem yang seperti ini lebih baik lagi ke depannya.

Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s