Sedikit Cerita dari Konferensi TSSA 2011

TSSA merupakan sebuah konferensi (2 tahunan?) tentang segala hal yang berkaitan dengan telekomunikasi. Seperti konferensi pada umumnya, presenter dari berbagai penjuru dunia berdatangan untuk mempresentasikan hasil karya mereka tentang telekomunikasi. Negaranya pun bermacam-macam, ada yang dari Indonesia, Malaysia, Jepang, Korea, Iran, Belanda, dll. Pembicara utama kita kali ini ada 2, Pak Lighthart dari TU Delft, Belanda dan Pak Andriyan, dari ITB, Indonesia. Masing-masing menyajikan topik tentang keamanan pada komunikasi wireless dan teknologi compressive sampling (melakukan sampling dengan laju pencuplikan di bawah batas minimal laju pencuplikan yang diperbolehkan, yaitu laju Nyquist).

Beruntung saat makan siang kami sempat semeja dan mengobrol2 dengan salah satu pembicara utama, Pak Lighthart. Jadi bisa konsultasi deh tentang kegiatan di lab😀 Selain itu kami juga membicarakan banyak hal, tentang pengalaman beliau di masa lalu, sepak bola, budaya Eropa Utara vs Eropa Selatan, dan bahkan sampai isu reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu. Ironisnya adalah, dalam beberapa hal, beliau justru lebih tahu tentang Indonesia daripada orang Indonesia sendiri. Apakah Anda tahu berapa panjang garis pantai di Indonesia? Berapa jumlah pulau di Indonesia? Padahal ini negara kita, tapi orang lain justru lebih memperhatikan daripada kita sendiri😦 Kalau kekayaan alam kita sampai diambil pihak lain, berarti salah kita juga ya? Jadi, mari kita pelajari lebih dalam hal-hal yang kita punya. Btw, ada quote bagus dari beliau kepada peserta konferensi yang kebanyakan lebih muda.

I have fabulous past, you have fabulous future.

Dan saya sendiri dapat jadwal presentasi di hari kedua. Topik yang saya bahas tentang mencari karakteristik dari dedaunan yang ada di sekitar kita yang berkaitan dengan perambatan gelombang elektromagnetik. Kalau kita merancang sistem telekomunikasi / radar yang berada di lingkungan dengan banyak pepohonan, tentu saja hal ini harus diketahui. Ternyata, ada juga beberapa peserta konferensi yang tertarik dengan penelitian ini walaupun barangkali topiknya agak sedikit melenceng😀, semoga di masa yang akan datang hasil penelitian ini dapat diaplikasikan, misalnya untuk komunikasi wireless di pedalaman.

Ini ada oleh-oleh dari acara ini + jalan-jalannya. Hehehe….

Acara makan malam:

Jalan-jalan:


Ditutup dengan sunset.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s