Percaya Pada Teknologi?

Beberapa waktu yang lalu, kendaraan kami hampir ditabrak oleh sebuah mobil saat hendak parkir. Untung saja klakson sempat dibunyikan dan akhirnya mobil tersebut mendadak berhenti. Pengemudi mobilpun menoleh keluar, katanya mobil tersebut ada sensornya dan sensor itu tidak berbunyi. Mobil tersebut langsung kabur begitu saja. “Itu mobil gimana sih, masak nggak lihat,” tukang parkirnya sampai berkata seperti itu.

Benarkah kita dapat mempercayakan seluruhnya kepada teknologi, seperti pengemudi mobil ini? Bisa saja teknologi sensing seperti itu dapat membuat kesalahan. Ada mobil di belakang, tapi si sensor bilang tidak ada mobil. Mobil orang lain bisa rusak bila tidak melakukan cross check, yaitu melihat ke belakang, mendengar klakson atau instruksi tukang parkir.

Tiba-tiba saya jadi ingat riset di lab, yaitu radar. Sebenarnya kan mirip dengan sensor mobil, hanya saja objek yang dideteksi jaraknya cukup jauh. Terkadang tidak bisa kita lihat atau dengar. Tidak ada “tukang parkir” dan “klakson” yang membantu mengingatkan kita. Nah, bagaimana kita dapat memastikan bahwa hasil yang diperoleh radar itu benar-benar akurat? Punya ide?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s