Cuaca yang Aneh

Akhir-akhir, entah kenapa, ini cuacanya agak aneh, terkadang ekstrem juga. Kadang-kadang seharian mendung, angin kencang, seolah-olah mau turun salju hujan, tapi malah nggak jadi hujan. Di hari yang lain, tiba-tiba cuacanya panas, pas untuk jemur baju. Eh, 15 menit kemudian malah turun hujan deras, dan tentunya cuaca masih panas. Jadi ingat, waktu di angkot ada penumpang yang sedang menerima telepon, sepertinya dia ditanya tentang kondisi cuaca di jalan. “Ini lagi hujan,,,,,, TAPI PANAS!!!”😆 Susah juga ya mendeskripsikannya ke orang lain.

Terlebih lagi cuaca sekarang sulit untuk diprediksi. Beberapa bulan yang lalu, hal ini masih mungkin. Caranya adalah dengan mengamati keadaan cuaca beberapa hari sebelumnya karena kemungkinan besar cuacanya sama. Terinspirasi dari materi kuliah ARMA, data yang akan datang dapat diprediksi dari data sebelumnya, special thanks to kuliah game PS3. Saya beri contoh. Misalkan, hari ini hujan jam 3, nah, besok kemungkinan jam 3 juga hujan. Saya  pernah bilang begini ke rekan saya, “Bawa payung, jam 3 biasanya hujan”, dan ternyata memang hujan pada kenyataannya. Tentu rekan tersebut heran, padahal tidak begitu aneh jika tahu teorinya. Lumayan lah, meskipun kuliah tersebut cukup sulit tapi ada kegunaannya. Saya sering ke tempat kerja naik sepeda (sekitar 24 km pp) kalau beberapa hari sebelumnya tidak hujan. Hasilnya lumayan, dari 5 perjalanan, hanya 1 yang meleset. Terkena hujan badai sesaat sebelum sampai tujuan selama 15 menit.

Tapi tidak untuk akhir-akhir ini, hasil prediksinya selalu meleset, jadi malas mau kemana-mana😆 Paginya panas, tiba-tiba datang angin kencang, pohon tumbang di mana-mana. Keesokan hari, paginya panas, prediksi saya siangnya akan hujan deras. Eh, kenyataannya malah tambah panas. Beberapa teman di belahan bumi utara juga mengabarkan tidak turun salju. Wah, harusnya kan bulan Januari lagi dingin-dinginnya. Atau jangan-jangan musim saljunya mundur? Yang jelas di beberapa wilayah di Jakarta justru ada saljunya, nih contohnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s