HF dan Safety di Lab

Salah satu peraturan di research group saya adalah: orang-orang yang akan bekerja di lab wajib mengikuti “kuliah” pengenalan lab terlebih dahulu. Selain tentang penggunaan alat-alat, aspek safety juga harus diperhatikan, terutama yang menyangkut bahan-bahan kimia berbahaya. Wait a minute… Bahan kimia? Benar, di sini banyak bahan-bahan kimia yang digunakan. Mulai dari isopropanol, benzena, aseton, dll. Tampaknya harus me-refresh lagi pelajaran kimia. Sudah bertahun-tahun tidak menyentuh buku-buku kimia. Sepertinya kata-kata dosen kimia saya dulu benar adanya (kira-kira seperti ini):

Kita tidak perlu lagi belajar kimia kalau hidup di ruang hampa

Saat pengenalan lab, ada hal menarik yang saya dapatkan. Kalau kita menemukan suatu cairan yang tercecer di dalam lab, anggap cairan tersebut merupakan zat yang paling berbahaya di sini: HF. HF di sini bukan High Frequency, tetapi Hydroflouric Acid. Bahasa Indonesianya asam flourida kalau saya tidak salah ingat. Dalam bidang microwave, HF sering dimanfaatkan dalam proses fabrikasi, terutama etching.

HF memiliki sifat mudah mengikat kalsium. Ini yang membuat HF menjadi senyawa kimia paling berbahaya di lab. Jangankan tertelan atau kena mata, menyentuh sedikit saja HF dapat berakibat fatal. Efeknya tidak langsung, akan terlihat sehari kemudian. Jadi, jika kita tidak sengaja terkena HF, kita akan dirawat di rumah sakit selama setidaknya 1 hari. Dengan menyentuh HF, HF akan terserap ke tubuh kita sehingga akan bereaksi dengan kalsium yang ada dalam tubuh. Kalsium ini berkaitan erat dengan fungsi jantung. Kalau bereaksi dengan HF, otomatis jumlah kalsium dalam tubuh berkurang sehingga fungsi jantung dapat terganggu. Apalagi kalau terkena mata. Jadi buta dong? Ini yang ada di pikiran saya saat itu, tetapi petugas lab menjawab lain “You’re dead!” Wah, ternyata parah sekali ya efeknya, bisa menyebabkan kematian gara-gara jantung tidak berfungsi.

Yah, setidaknya ada hikmahnya dulu sempat mengambil praktikum kimia dasar😀

Bagi yang tertarik, referensi tentang HF dapat dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Hydrofluoric_acid

One response to “HF dan Safety di Lab

  1. thanks a lot bro/sist atas pemberitahuan dan peringatannya…

    by the way mungkin aku akan mencoba bermain dengannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s