Membuat Gambar Teknik Dari Model 3 Dimensi

Gambar teknik terkadang diperlukan jika ingin merealisasikan suatu komponen microwave, misalnya waveguide, karena mudah dimengerti oleh orang-orang di bagian mekanik yang akan mengerjakan proses tersebut. Untuk microwave engineer yang lebih familiar dengan software 3 dimensi untuk simulasi dibandingkan program-program seperti AutoCAD dan teman-temannya, ada cara yang cukup mudah. Ternyata ada cara untuk mengubah model 3 dimensi yang biasa digunakan dalam software simulasi microwave, contohnya: CST, ke dalam bentuk gambar dua dimensi. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buat terlebih dahulu gambar 3 dimensi di software simulasi microwave, misalnya CST. Saya beri contoh untuk waveguide.

2. Kalau sudah selesai, ekspor model 3 dimensi tersebut ke dalam STEP file. Untuk CST (versi 2012), klik File –> Export –> STEP..

3. Buka file STEP tersebut di Autodesk Inventor Professional. Kalau belum punya, bisa download di http://students.autodesk.com. Lalu, save as file STEP tersebut ke dalam file IPT (*.ipt).

4. Klik New –> Drawing, lihat gambar di bawah:

5. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Klik Base (panah merah).

6. Tampilan selanjutnya adalah seperti ini (klik untuk memperbesar gambar), silakan atur-atur saja orientasi, skala, dll. Kalau sudah klik di tempat yang diinginkan untuk menempatkan gambar.

7. Untuk membuat proyeksi, pindahkan mouse ke posisi yang diinginkan, klik kanan, pilih create, seperti ini …

8. Untuk proyeksi pada arah lain, klik saja “Projected” (di sebelah tombol “Base” (panah merah di gambar sebelumnya)), kemudian klik gambar yang ada (sebagai contoh, saya klik gambar yang pertama kita buat/front view), pindahkan mouse ke posisi yang diinginkan (ke arah kanan misalnya), klik kanan, dan pilih “create”. Dan hasilnya adalah …

9. Agar orang-orang di bagian mekanik tidak kebingungan, kita perlu tambahkan keterangan tentang dimensi struktur kita. Caranya, klik Annotate –> Dimension:

10. Oh ya, kita juga bisa mengatur satuan yang akan digunakan, apakah mm, inchi, dll. Lihat di bagian kanan atas, Anda akan menemukan ini:

11. Bagaimana cara menambahkan keterangan dimensi di gambar? Tinggal klik-klik saja di bagian yang diinginkanšŸ˜€ Contoh, misalnya kita ingin menambahkan keterangan dimensi tentang lebar waveguide di gambar ini:

Klik saja dua sisi yang berhadapan sehingga berwarna biru. Nantinya panah-panah dan angka-angka seperti 20.00 akan muncul dan posisinya dapat Anda atur sesuka hati. Untuk diameter lingkaran, cukup klik saja di lingkaran tersebut.

12. Kalau sudah selesai dapat kita ekspor ke file PDF, lalu kita print, dan tentunya kita bawa hasil karya kita ke bagian mekanik untuk proses manufaktur. Berikut ini cara mengekspornya.

Dan inilah penampakan file PDF-nya. Ada “cap” otomatis dari Autodesknya kalau pakai software gratisanšŸ˜€

2 responses to “Membuat Gambar Teknik Dari Model 3 Dimensi

  1. Ping balik: membuat simulasi dengan CST | Teknik Elektronika STT Nusa Putra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s