Kuliner Bulan Puasa

Marhaban ya Ramadhan. Di Jerman, besok sudah mulai berpuasa. Memang, puasa sekitar 18 jam di musim panas adalah tantangan tersendiri.

Ada yang menarik selama bulan Ramadhan (auf türkische Sprache ist Ramazan) di sini. Di mesjid-mesjid, banyak tersedia makanan gratis untuk berbuka puasa. Tidak hanya takjilnya saja, tapi juga makanan berat🙂 Menunya juga lumayan enak-enak, kalau beruntung bisa dapat ayam goreng atau gulasch. NB : Gulasch adalah sejenis sup daging khas Hungaria (tapi terkenal juga di sini), dicampur dengan kentang, paprika, atau sayuran lain.

Kalau dijual bebas, harga makanannya mungkin sekitar 5-7 Euro (ca. 60-80 ribu rupiah) per orang. Lumayan ya? Barangkali motivasinya adalah hadis Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa yang memberi makanan orang berbuka puasa akan dapat pahala orang yang berbuka puasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berbuka puasa tersebut.

Di kota tempat saya menuntut ilmu ini, (yang saya tahu) ada dua mesjid Turki yang setiap hari menyediakan makanan berat untuk berbuka. Selain itu, ada juga mesjid Arab yang menyediakan makanan setiap hari Jumat (atau Sabtu ya?). Nah, di mesjid Arab ini cara makannya cukup unik. Terakhir kali saya makan di sana, mereka menyediakan kari ayam dalam satu piring besar untuk sekitar 7 orang. Setiap orang mengelilingi piring tersebut dan langsung mengambil ayam dari piring pakai tangan, dimakan bersama dengan roti …

Kalau yang di mesjid Turki, cara makannya seperti biasa. Ini beberapa contoh makanannya, dokumentasi tahun lalu:

Sup khas Turki. Biasanya untuk hidangan pembuka.

Gulasch campur salad pakai nasi. Ini makanan beratnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s