Fringing Effect: Menyebalkan, tapi … [Part 1]

Misalkan Anda punya dua buah pelat logam yang sama besar dan diletakkan sejajar satu sama lain, kemudian keduanya dihubungkan dengan sumber tegangan seperti baterai. Apa yang terjadi di antara dua pelat tersebut? Yup, timbul medan listrik di antara kedua pelat tersebut, kira-kira garis-garis medan listriknya seperti ini.

Kedua pelat tersebut berfungsi sebagai kapasitor yang nilai kapasitansinya sebanding dengan luas pelat tersebut dan juga permitivitas relatif dari material di antara kedua pelat (nilainya 1 kalau tidak ada apa-apa alias vakum), serta berbanding terbalik dengan jarak antara keduanya. Untuk rumus detailnya, coba buka buku Fisika SMA-nya:mrgreen:

Akan tetapi, kalau kita hitung dengan menggunakan rumus, nilai kapasitansinya berbeda dengan yang sebenarnya. Apa yang terjadi di sini? Ternyata, garis medan listrik yang dihasilkan tidak benar-benar persis seperti pada gambar 1, melainkan seperti ini.

Di bagian tepi pelat, ada sebagian garis medan listrik yang melengkung, melenceng ke luar. Kok bisa? Ya bisa aja dong, kenapa tidak? Yang penting kan garis medan listriknya memiliki arah dari muatan positif ke negatif, dan medan yang “melenceng” ini memenuhi syarat. Nah, ini namanya fringing effect (fringe = tepi). Dengan adanya fringing effect ini, area yang ditempati oleh garis-garis medan listrik ini semakin besar. Karena sebanding dengan luas, kapasitansinya juga membesar. Jadi … perlu desain ulang kapasitornya alias nambah kerjaaan

Meskkipun terlihat “menyebalkan”, sebenarnya fringing effect ini ada manfaatnya. Bahkan, kalau boleh saya katakan, pengaruhnya besar sekali di dalam kehidupan kita sehari-hari! Apa itu? Insya Allah bersambung di part 2🙂

One response to “Fringing Effect: Menyebalkan, tapi … [Part 1]

  1. Ping balik: Fringing Effect: Menyebalkan, tapi … [Part 2] | Kumpulan Tulisan Seseorang yang Biasa-Biasa Saja ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s