Memilih Caleg

Pemilu 2014 (kpu.go.id)

Pemilu 2014 (kpu.go.id)

Tidak terasa, kita sudah memasuki bulan April. Pemilu anggota legislatif akan digelar sebentar lagi. Sudah punya pilihan?

Atau golput saja? Ya, barangkali kita dikecewakan oleh anggota dewan yang terpilih pada pemilu sebelumnya karena kasus korupsi dan sejenisnya. Masalahnya, kalaupun kita memutuskan untuk tidak memilih (dan tentunya termasuk memilih semua kandidat yang tersedia), beberapa orang di antara para caleg-caleg tersebut PASTI akan menduduki kursi di Senayan. Betul kan?

Kalau ingin perubahan, saya pikir tidak ada lagi yang dapat kita lakukan, kecuali memilih caleg yang terbaik dari pilihan yang ada. Memang tidak ada jaminan bahwa caleg tersebut akan bekerja dengan baik. Tetapi setidaknya kita telah melakukan sesuatu untuk bangsa ini.

Nah, caleg mana yang akan kita pilih? Untuk memilih caleg, track record masing-masing caleg itu penting untuk diketahui. Namun, yang lebih penting lagi daripada track record adalah rencana kerja untuk 5 tahun ke depan. Syukur-syukur punya rencana jangka panjang. Jangan sampai kita memilih orang yang tidak tahu harus melakukan apa ketika sudah duduk sebagai anggota dewan. Kalau demikian yang terjadi, jangan heran kalau nantinya mereka hanya jalan-jalan saja ketika studi banding ke luar negeri. Contoh rencana kerja menurut saya:

  • Akan menempati komisi ABC yag berhubungan dengan bidang E, F, dan G. (tentu dengan alasanya kenapa harus komisi ABC). Kalau ternyata ditempatkan oleh partai di komisi PQR, maka saya akan melakukan STU, VWX, dan YZ (rencana cadangan).
  • Di Komisi ABC akan membuat/merevisi undang-undang Q, W, dan E karena blablablablabla, target selesai pada tahun 2015, 2016,  dan 2018.
  • Akan sering berkunjung ke Daerah Pemilihan (Dapil) minimal H kali dalam L bulan untuk menarik aspirasi masyarakat.
  • Akan mengawasi pelaksanaan undang-undang IJK dengan cara BNM, CVB, dan ZUI.
  • Dll.

Kalau mereka punya rencana minimal sedetail ini kita akan lebih mudah untuk mengawasi anggota dewan. Kita juga bisa tahu mana anggota dewan yang berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik, mana yang tidak. Sehingga akan memudahkan kita untuk memilih caleg di pemilu yang selanjutnya.

Kalau sudah melihat rencana kerja mereka, baru kita lihat track record masing-masing. Apakah mereka cukup berkompeten untuk melakukan program kerja yang sudah direncanakan? Misalnya caleg GHJ ingin membuat undang-undang tentang keinsinyuran. Tentunya caleg GHJ haruslah merupakan seorang insinyur, atau setidaknya memiliki pengetahuan yang banyak soal keinsinyuran. Bahaya kalau undang-undang dibuat bukan oleh ahlinya. Lihat juga, apakah caleg tersebut pernah terkadung kasus korupsi ataupun kejahatan lainnya, jangan sampai caleg yang kita pilih berpotensi besar untuk melakukan korupsi atau sejenisnya.

Bagaimana cara kita mengetahui track record caleg? Untungnya, kita bisa lihat di Google tentang hal ini. Ketik saja nama calegnya di mesin pencari Google, dan data serta berita-berita, bahkan akun media sosial yang berkaitan dengan caleg tersebut akan muncul. Memang, riset caleg ini menyita waktu, tenaga, dan pikiran, tetapi harus dilakukan karena toh kita tidak mengenal caleg-caleg tersebut kan? Dan juga, informasi yang ada di media massa tentu tidak bisa kita katakan netral, tapi kalau kita melihat banyak informasi dari media yang berbeda-beda, barangkali akan lebih objektif.

Situs berikut ini barangkali cukup membantu untuk mengenal lebih lanjut caleg-caleg yang akan kita pilih: http://caleg.kabarkita.org/daftar-calon-tetap-dewan-perwakilan-rakyat-2014 (di dalamnya juga ada daftar riwayat hidup (CV) mereka). Dilihat dari program kerja yang ditawarkan, memang belum ada yang 100% memuaskan. Tetapi setidaknya, menurut hasil pencarian saya, sejauh ini ada dua orang untuk Dapil Jakarta II – Luar Negeri yang memiliki pemaparan rencana kerja tidak jelek-jelek banget. Atau barangkali Anda punya rekomendasi?

2 responses to “Memilih Caleg

    • Hmm.. sepertinya aku tahu yg dimaksud. Hanya denger dari temen2 di sini, dan sayangnya website ybs tidak bisa diakses. Jadi belom dapet info detailnya apa yg ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s