Miskonsepsi: Impedansi Antena Mikrostrip

Memodelkan antena mikrostrip sebagai beban dengan impedansi Z

Misalkan kita ingin memodelkan sebuah antena mikrostrip dengan sebuah beban yang memiliki impedansi seperti ilustrasi di atas. Bagaimana sifat impedansi Z tersebut? Apakah:

a. Reaktif (seperti kapasitor atau induktor, yang menyimpan energi)
b. Resistif (seperti resistor, yang “memakan” energi)
c. a dan b benar
d. a dan b salah

Jawabannya …

Barangkali banyak yang berpikir jawabannya adalah (a). Mungkin karena melihat bahwa struktur antena mikrostrip mirip kapasitor pelat sejajar. Betul memang, antena memiliki kemungkinan menyimpan energi, khususnya di daerah yang relatif dekat dengan antena (istilah kerennya: near field. Pernah dengar istilah Near Field Communication? Nanya aja:mrgreen: ).

Tetapi jangan lupa, tugas utama antena adalah “membebaskan” sinyal tegangan/arus dalam saluran transmisi sehingga menjadi gelombang elektromagnetik di udara (atau medium lain). Harus ada radiasi. Nah, artinya sumber tegangan/arus “kehilangan” sesuatu. Siapa yang dipersalahkan? Tentu saja antena, tidak ada tersangka lain. Kita bisa tuduh si antenalah yang “mencuri”/”memakan” sesuatu tersebut:mrgreen: (kecuali kalau kita ikut memperhitungkan saluran transmisi dan komponen lain yang juga makan energi). Jadi, bisa kita anggap bahwa antena ini mirip-mirip resistor yang hobinya menghabiskan energi (walaupun sebenerya cuma memancarkan ke ruang bebas, tapi ya habis juga kan?).

Jadi secara umum, selain bersifat reaktif, impedansi Z juga bersifat resistif. Bahkan, dengan teknik tertentu, sifat reaktif ini dapat dihilangkan sehingga radiasi akan lebih efisien.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s