Membuat Daftar Pustaka dengan LaTeX

Lanjutan dari tulisan sebelumnya. Ini dia salah satu bagian yang menarik dari LaTeX.

Cara penulisan daftar pustaka itu berbeda-beda, tergantung formatnya. Misalnya, format daftar pustaka yang dulu dipelajari pada pelajaran bahasa Indonesia tentu berbeda dengan aturan daftar pustaka IEEE. Aturan di jurnal IEEE juga berbeda dengan aturan di jurnalnya IET, dan sebagainya. Dalam tulisan ini, lagi-lagi saya ambil dari format IEEE. Silakan unduh di sini (bagian bibliography) dan ekstrak filenya di folder template LaTeX kita. Perhatikan ada file bernama IEEEtran dan IEEEabrv.

Kodenya simpel:

\bibliographystyle{IEEEtran}
\bibliography{IEEEabrv,nama_file_daftar_pustaka.bib}

Nah, yang kita belum punya adalah nama_file_daftar_pustaka.bib. Bagaimana cara membuatnya? Cukup dengan membuat file teks di editor seperti Notepad, hanya saja jangan save file as *.txt, melainkan *.bib di folder tempat template kita berada.

Apa saja isinya?

Begini. Misalkan Anda mau mengutip paper berikut dari IEEEXplore. Ikuti gambar berikut …

Download Citations

Dan muncullah kode-kode yang diinginkan. Copy semua ke dalam nama_file_daftar_pustaka.bib.

Anda akan melihat ini di baris pertama kode:

@ARTICLE{1127732,

Angka 1127732 bisa diganti sesuka hati, misalkan NarrowBandFilter. Kalau mau mengutip artikel ini, tinggal gunakan kode \cite{NarrowBandFilter} di template Anda, sehingga setelah dicompile akan muncul format angka dalam kurung siku seperti ini [1]. Yup, beginilah model IEEE.

Untuk referensi selanjutnya, lakukan hal yang sama, copy kodenya, letakkan di file nama_file_daftar_pustaka.bib, sebelum atau sesudah kode pertama.

Oh ya, bagian yang menyebalkan adalah kompilasi kode bib ini. Untuk melakukan kompilasi, klik panah hijau seperti biasa:

Click Me! Click Me!

Click Me! Click Me!

Buka file nama_file_daftar_pustaka.bib, lalu klik panah hijau. Di samping panah hijau, ada tulisan “pdfLaTeX”. Ubah jadi “BibTeX”, lalu pencet lagi tombol hijaunya. Lakukan hal yang sama untuk template-nya, misalna bare_conf.tex yang kita pakai di tulisan sebelumnya. Nggak berhasil juga? Ganti-ganti terus antara “pdfLaTeX” dan “BibTeX”, compile sampai berhasil.

Kalau sudah berhasil, Anda akan melihat bahwa Anda sama sekali tidak perlu memikirkan format penulisan daftar pustaka. Komputerlah yang melakukannya:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s