“Pilleg” ala Luar Negeri

Saat mengecek kotak pos bulan lalu, saya mendapatkan surat undangan. Isinya? Undangan untuk mengikuti pemilu! Lho, memangnya lagi musim pemilu?

Pemilu kali ini adalah pemilu khusus yang diadakan khusus untuk warga negara asing di kota tempat saya tinggal. Tujuannya adalah untuk memilih perwakilan WNA di tingkat walikota. Sebagai penduduk yang baik🙂, sayapun ikut memilih. Pemilunya sendiri diadakan kemarin. Saya terdaftar di TPS nomor x (rahasia😎 ) yang terletak di sebuah sekolah.

Cara pemilihannya agak unik. Berbeda dengan pemilu di Indonesia, setiap pemilih memiliki 21 suara! Wah, banyak sekali ya? Suara tersebut dapat diberikan ke “caleg” atau “partai”. Seorang “caleg” dapat memperoleh paling banyak 3 suara dari seorang pemilih. Boleh memilih beberapa “caleg” dari “partai” yang berbeda. Kalau mau memilih “partai”-nya saja juga boleh. Total “partai” kali ini ada 8, yang terdiri dari berbagai organisasi dari berbagai macam negara (atau etnis/keagamaan), misalnya Turki, Polandia, Kurdi, dan Somalia. Semoga suatu saat nanti organisasi Indonesia dapat berpartisipasi dalam “pilleg” seperti ini.

Proses pencoblosan pencontrengannya cepat, kurang dari 5 menit. Sudah termasuk penjelasan tatacara pemilihan dari panitia dan absensi. Tidak pakai tinta seperti di Indonesia. Hmm … nggak bisa pamer dong kalau sudah milih? Haha.

2 responses to ““Pilleg” ala Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s